Bukan History

02/06/2009

Fitur Hebat Dalam Windows 7 : Touch Pack

Filed under: Komputer,Windows 7 — jack @ 23:26

Para pengguna komputer advanced barangkali sudah tidak asing dengan Windows 7 yang walaupun baru dalam versi beta namun dikabarkan jauh lebih baik dari Windows Vista.

Beberapa bulan yang lalu Microsoft telah melempar versi beta (baca : uji coba) dari Windows 7 sebagai OS pengganti Vista, bahkan disebut-sebut sebagai The Real Vista. Hal ini dikarenakan Windows Vista dikenal sebagai versi yang gagal dan kurang diminati pemakai. Beberapa pengalaman pengguna Vista yang saya kenal menyebutkan bahwa Vista Terlalu banyak ‘memakan’ memori dan terlalu banyak ‘permission’.

Kini, sebagai penyedia OS terkemuka, Microsoft berencana menawarkan OS terbaru mereka Windows 7 dengan berbagai kelengkapannya.

Pasti banyak di antara Anda yang sudah mengunduh dan meng-instal Windows 7 RC1. Nah Anda pasti juga sudah tahu bahwa di Windows 7 ini Microsoft akan menghadirkan fitur multi-touch.

Terkait dengan fitur tersebut, tim Windows 7 telah bekerjasama erat dengan tim Microsoft Surface. Hasilnya adalah Microsoft Touch Pack for Windows 7. Touch Pack terdiri dari tiga game yang sudah dioptimalkan untuk fitur multi-touch dan tiga aplikasi Microsoft Surface for Windows 7.

Touch Pack memang dirancang untuk memamerkan kemampuan sentuh pada sistem operasi Windows. Seperti inilah gambarannya:

Microsoft Surface Globe menggunakan Virtual Earth 3D engine untuk menayangkan dunia dalam versi 3D. Dengan menggunakan fitur multi-touch gestures, Anda bisa berjalan-jalan ke wilayah dunia yang berbeda, memperoleh informasi setempat, dan menandai lokasi-lokasi favorit. Di beberapa kota, Anda bahkan dapat terbang di sekeliling beberapa bangunan.

Microsoft Surface Collage menggunakan fitur multi-touch gestures untuk menyusun dan menyesuaikan ukuran foto digital Anda, menyimpan kumpulan foto, dan mengubahnya menjadi latar belakang desktop Anda.

Microsoft Surface Lagoon memungkinkan Anda berinteraksi dengan screensaver yang menciptakan kembali lingkungan alamiah dari air dan kumpulan ikan dengan menggunakan fitur multi-touch.

Microsoft Blackboard menyajikan teka-teki fisika yang dapat dipecahkan dengan menggunakan fitur multi-touch guna membuat sebuah mesin di papan tulis virtual. Dengan menggunakan gerakan, Anda bisa memutar dan menyesuaikan ukuran roda gigi, kipas, gergaji, dan lain-lain. Anda juga dapat memindahkan balon dan bola ke arah bola lampu untuk mencapai kemenangan.

Microsoft Rebound. Yang ini mirip hoki udara. Di sini Anda harus menggunakan fitur multi-touch untuk mendorong sebuah bola di lapangan yang dilistriki dan menumpas lawan Anda. Anda bisa melawan komputer atau menantang seorang teman untuk melihat siapa jawaranya.

Microsoft Garden Pond menggunakan fitur multi-touch untuk menciptakan riak-riak di air yang akan memandu karya origai anda ke wilayah-wilayah tenang di kolam. Anda juga dapat mengarahkan karya Anda dengan menggunakan gerakan untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Untuk dapat menggunakan Microsoft Touch Pack for Windows 7, Anda membutuhkan PC Windows 7 yang mendukung multi-touch. Microsoft Touch Pack for Windows 7 ini akan disediakan bagi para OEM Microsoft, jadi terserah pada para OEM apakah mereka akan memasangkan (pre-install) salah satu dari aplikasi yang disediakan. Namun setelah Windows 7 tersedia secara umum, Microsoft akan mempertimbangkan ketersediaan “pack” secara lebih luas. Ini bisa diartikan bahwa Microsoft kemungkinan akan menyediakannya di Microsoft Download Center.

(Diadaptasi dari Kompas.com).

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: