Bukan History

03/06/2009

Dunia Anak Muda … Dunia BlackBerry

Filed under: Lifestyle,Uncategorized — jack @ 14:03
Tags: ,

Wabah BlackBerry (BB), gadget plus layanan cerdas buatan Research In Motion, Kanada, tidak hanya telah menarik banyak pengguna di Indonesia. Terutama sekali sejak diketahui umum bahwa Presiden AS, Obama juga seorang pemakai setia gadget ini.

Ribuan pengguna BB Indonesia juga telah membentuk komunitas tersendiri misalnya ID-BlackBerry yang biasa berkumpul di dunia maya melalui mailing list. Bahkan tak tanggung-tanggung, anggota milis komunitas ini ini tercatat sudah mencapai 4690-an anggota dan terus bertambah dari hari ke hari. Para pecandu BB rata-rata berusia 25-35 tahun, kata Abul A’La Almujudy (33) yang merupakan salah satu pendiri komunitas tersebut sejak tahun 2005.

Fitur-fitur BlackBerry relatif dekat dengan dunia generasi muda seperti e-mail, browsing Internet, dan chatting. Yang paling istimewa tentu push mail sehingga terima dan kirim email layaknya SMS.

Secara tak langsung BB pun menyediakan komunikasi khusus antarpengguna dengan menyediakan BlackBerry Messenger (BBM). Aplikasi chatting ini hanya aktif dan dapat digunakan antar pengguna dan tidak dipungut tambahan biaya selama berlangganan layanan BB.

“Hanya BB yang punya fasilitas BlackBerry Messenger yang tidak dimiliki smartphone lain,” kata Agus Hamonangan, salah satu anggota komunitas ID-BLackBerry. Alat komunikasi yang eksklusif ini membuat interaksi antarpengguna menjadi semakin intim dan sangat pribadi.

Diakui, menggunakan BB tak mudah bagi pengguna awam. Banyak tips dan trik yang harus diterapkan jika pengguna BB mau menggunakan secara maksimal gadget canggih ini. Berbagi pengalaman merupakan salah satu topik hangat dalam milis ID-BlackBerry.

Jumlah posting milis tersebut bisa sampai menembus ratusan bahkan seribu perhari. Bahkan ID-BlackBerry sudah buka cabang milis IDBB-kuliner, IDBB-bisnis, IDBB-chat, serta komunitas pengguna di kota-kota tertentu.

Nah, apakah orang tua tak boleh punya BB? Tentu saja bisa, asal berjiwa muda, sehingga tak hanya menggunakan BB hanya untuk SMS dan menelepon.

Fitur Unggulan Blackberry

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan fasilitas BlackBerry, bisa dengan mendatangi provider yang mempunyai layanan BlackBerry atau bisa juga melalui milis para pencinta BlackBerry. Namun, pengguna juga dapat mengaktifkan dan mengatur fitur-fitur BlackBerry dengan cara manual.

1. Mengaktifkan BlackBerry PIN. Untuk dapat menggunakan semua layanan BlackBerry, maka pengguna harus mendaftarkan BlackBerry PIN dan IMEI miliknya. BlackBerry PIN dan IMEI dapat dilihat dengan pada kardus atau dengan cara memilih menu option dan pilih status.

Dengan mendaftarlan BlackBerry PIN dan IMEI tersebut, maka secara otomatis pengguna dapat melakukan chating atau pun browsing.

Selain itu BlackBerry PIN juga berguna untuk melakukan BlackBerry Masanger. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengetahui BlackBerry PIN milik teman, lalu add.

2. Untuk mengaktifkan push mail, pengguna BlackBerry dapat masuk ke website provider. Lalu sign up account email, maka secara otomatis email akan masuk seperti sms. Namun untuk email kantor, pengguna BlackBerry harus memastikan bahwa server perusahaan sudah terbuka untuk layanan BlackBerry.

3. Membuat Shortcut. Untuk mempermudah pengguna masuk menu yang dituju, maka pada BlackBerry dapat membuat short cut. Pertama tekan logo telephon (warna hijau), kemudian tekan options, general Options, lalu pilih dial froM home screen, tekan NO, save perubahan tersebut. Langkah selanjutnya adalah cukup menekan huruf-huruf untul shortcut menu. Misalnya huruf M untuk Messages, L untuk Calendar, U untuk Calculator, Y untuk shortcut Yahoo Masanger, G untuk Google Talk dan selanjutnya.

4. Setting Tampilan. Terkadang setting yang diberikan Research In Motion (RIM) tidak sesuai dengan selera penggina, untuk merubah tampilan pada BlackBerry dapat dengan langkah:

LED Coverage indikator: Pilih Off.
Keytone: Pilih Off.
Keyrate: Pilih Fast, agar dapat mengetik dengan cepat.
Conviency Key: Pilih Application Switcher (Kalau ingin pindah aplikasi, tinggal menekan tombol samping).
Font Family: Pilih BBCasual (untuk tampilan yang lebih enak dibanding standar).

Mana yang cocok??

Fitur unggulan BlackBerry adalah push mail dan beragam layanan chating. Namun dengan fitur tambahan pada setiap tipenya, BlackBerry cocok digunakan untuk segmen tertentu, contohnya:

1. Bagi seseorang yang sering bepergian ke luar negeri gunakan BlackBerry yang sudah mempunyai fasilitas 3G dan Wi Fi, seperti BlackBerry tipe Storm dan Bold. Karena di beberapa negara seperti Jepang dan Korea, hanya mempunyai fasilitas 3G.

2. Mayoritas Perempuan menggunakan Javaline, karena bentuknya lebih kecil dibanding Bold dan Strom. Selain itu, dengan kamera 3 mega pixelnya, Javaline juga semakin memanjakan kaum perempuan yang pada dasarnya gemar berfoto.

3. Untuk pria dan pekerja, sebaikmya memilih BlackBerry Bold atau Blackberry Storm. Pasalnya, kedua tipe BlackBerry tersebut tampak kokoh dan dilengkapi dengan akses HSDPA dan sistem operasi yang aktual.

4. Seseorang dengan kepribadian tenang dan tidak terlalu menyukai tantangan, cocok dengan tipe BlackBerry Curve. Karena fiturnya yang simple namun telah dilengkapi juga dengan layanan pesan instant populer seperti Yahoo Messenger dan Google Talk.

5.Sedangkan untuk seseorang yang menyenangi tantangan dan gemar berekplorasi, maka BlackBerry Storm adalah jawabannya. Berbeda dengan BlackBerry lainya, pada tipe Strom ini pengguna harus menggunakan Sure Press Screen. Hal tersebut tidaklah mudah, dan pasti akan ada kepuasaan tersendiri setelah berhasil menggunakan sure press screen tersebut.

Tinggal pilih yang sesuai untuk Anda!

(Adaptasi dari Kompas.com)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: