Bukan History

03/06/2009

Pertumbuhan BB 500%

Filed under: Lifestyle — jack @ 14:18

(Adaptasi dari detik.com)

Berdasarkan catatan total jumlah pelanggan layanan BB tiga operator: Indosat, Telkomsel, dan Excelcomindo Pratama, pemilik BlackBerry di Indonesia sudah hampir mencapai angka 300 ribuan atau meningkat lebih dari dua kali lipat jika dibanding akhir tahun lalu.

Research In Motion (RIM), selaku produsen BB mengakui pertumbuhan di Indonesia sangat signifikan. Tahun lalu saja pertumbuhannya hampir 500%. Angka ini jelas paling banyak di banding negara lain di Asia, dan salah satu yang terbesar di dunia.

Pertumbuhan pesat BlackBerry di Indonesia, diakui operator karena kemudahannya yang kini juga bisa dinikmati pelanggan kartu prabayar. Hal ini yang kemudian dijadikan studi kasus dalam ajang Wireless Enterprise Symposium 2009 di Orlando, Amerika Serikat, baru-baru ini.

Kasus bocornya software BB

Software milik Research In Motion (RIM) konon sempat bocor di internet dan diunduh banyak orang. Insiden ini yang diduga menyebabkan maraknya BlackBerry dengan PIN ilegal alias hasil kloning.

Demikian dugaan dari Fanny Pramana, Koordinator milis Thumbers dan Isat-BB (komunitas pengguna BB Indosat), saat berbincang dengan detikINET, Kamis (28/5/2009) dini hari. Fanny mengungkapkan belum lama berselang terjadi kebocoran software bernama MFI Loader yang konon dimiliki oleh Research In Motion (RIM) selaku produsen BlackBerry.

“Dengan MFI loader, semuanya bisa direkayasa. Perangkat BB yang tidak lolos kualitas atau suku cadang dalamnya rusak dan tidak lolos quality control, itu bisa diprogram ada PIN baru dan ada IMEI baru. Gawatnya lagi barang-barang itu bisa masuk Indonesia,” kata Fanny.

Kemudahan mengutak-atik BlackBerry ilegal itulah yang kemudian membuat maraknya perangkat BlackBerry asli tapi palsu di Indonesia. Fanny mengungkapkan masyarakat yang membeli perangkat tidak resmi ini sangat mungkin memiliki PIN yang dikloning. Atau bahkan PIN asli tapi palsu yang diberikan oleh oknum pedagang yang tidak bertanggungjawab.

Pengguna produk semacam itu pada mulanya bisa menggunakan sekitar dua minggu atau satu bulan. Namun setelah itu BB sama sekali mati total karena PIN Suspend.

Komunitas pengguna BB sendiri sejak dua bulan belakangan ini gencar mengampanyekan gerakan ‘Say No To Cloning PIN’ serta mengutamakan membeli perangkat yang resmi.

Pastikan beli BB pada pedagang yang terpercaya. Ada garansi bahwa barangnya adalah baru dan PIN-nya bukan PIN tembak. Tak kalah pentingnya adalah pastikan IMEI dan PIN yang ada di stiker dan status sama.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: