Bukan History

03/06/2009

Yang menantang … iPhone 3G

Filed under: Lifestyle,Uncategorized — jack @ 14:48

Sejak diluncurkan dengan menggandeng operator selular Telkomsel, iPhone telah menarik minat banyak kalangan. Apa kelebihan smartphone ini?

Kelebihan iPhone salah satunya adalah built-in battery. Dalam dua generasi iPhone, baterai sudah tertanam di dalam perangkatnya. Artinya tidak ada baterai cadangan. Konon, komponen-komponen mekanisme yang membuat baterai bisa dilepas pasang adalah pemborosan ruang dalam tubuh iPhone. Ruang yang terbuang itu dimanfaatkan untuk menambah kapasitas baterai. Selain itu, tampaknya Apple berusaha mengurangi kesempatan untuk produsen baterai nonorisinal untuk berkreasi.

Keunggulan jelas dari iPhone adalah accelerometer. Ini adalah alat pengukur akselerasi nongravitasi atau dalam kata lain teknologi sensor gerak yang dapat mengukur kecepatan, arah, pola dari suatu gerakan. iPhone adalah ponsel pertama yang menggunakan teknologi tersebut.

Kegunaan dari accelerometer ini sangat luas, mulai dari perubahan layar dari landscape ke portrait, pengaturan intensitas cahaya pada layar, bermain game, sampai bahkan hanya mengganti lagu yang sedang diputar.

Dukungan aplikasi

Yang juga tidak kalah menarik dari iPhone adalah dukungan aplikasi pihak ketiga yang dijual melalui iTunes Store. Lebih dari 25 ribu aplikasi tersedia dan lebih dari 1 juta yang telah diunduh.

Statistik ini menjadikan iTunes Store sebagai pasar aplikasi ponsel terbesar di dunia mengalahkan RIM dengan Blackberry App World-nya dan Microsoft dengan pasar Windows Mobile-nya. Aplikasi-aplikasi tersebut rata-rata adalah gratis atau sekitar US$0.99.

Kali ini, Indonesia sudah mulai kreatif dengan berturut serta di iTunes Store. Telah terlihat aplikasi yang dibuat untuk orang Indonesia oleh orang Indonesia. Aplikasi seperti angklung untuk bermain angklung secara virtual, BuUuk – untuk mengetahui review tentang restoran, Detik.com dan Jakarta Globe tentang berita terkini, dan Trans-Jakarta untuk mengetahui jadwal busway, serta kamus.

Pembelian aplikasi tersebut bisa dilakukan langsung dari iPhone dengan hanya menggunakan sarana wi-fi atau koneksi GPRS/3G. iPhone 3G dengan firmware terbaru (2.2.1) hadir dengan kemampuan push e-mail yang lebih sempurna. Seperti halnya Blackberry, yang notabene pelopor teknologi ini, push e-mail dalam iPhone boleh dikatakan bekerja sempurna.

Untuk mensetting e-mail seperti Yahoo, Gmail, AOL, MobileMe, bahkan Microsoft Exchange menjadi lebih mudah. Ini semua dilakukan tanpa keperluan menggunakan Blackberry connect.

Ada keluhan mengenai ‘kelemahan’ iPhone seperti ketidak mampuannya menjalankan aplikasi di latar (background) atau tidak bisa menulis SMS dalam mode landscape sampai menghilangkan ‘gangguan’ dari fitur autotext. Padahal semua bisa dilakukan dengan menambah aplikasi yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah.

Namun, cocokkah teknologi layar sentuh dikawinkan dengan e-mail? Seperti yang kita ketahui, e-mail membutuhkan keyboard untuk mengetik, karena biasanya digunakan untuk menulis hal yang lebih panjang dari sekedar SMS. Hal itu berlaku juga untuk chatting.

iPhone 3G tidak memiliki papan tulis nyata, hanya virtual. Keyboard virtual hadir di posisi landscape dan portrait, tergantung posisi iPhone.  Apakah cocok atau tidak, semua adalah pilihan subjektif. Dalam hal ini Apple lover mati-matian membela iPhone, sebaliknya dengan Crackberry (pecinta Blackberry), salah satu alasan mereka memilih Blackberrry adalah kemudahannya dalam mengetik.

Teknologi a-GPS dalam aplikasi iPhone bukan sekadar melihat peta, melainkan hingga memberi tanda di mana sebuah foto diambil, memberikan posisi Anda ke teman, hingga mencari tempat-tempat hiburan terdekat. Semua bisa dilakukan tanpa biaya tambahan dari operator. Beberapa fitur bisa dilakukan dengan adanya aplikasi tambahan yang bisa didapatkan di iTunes Store.

iPhone versi terbaru

AT&T Amerika telah mulai menjual iPhone kondisi refurbished serendah US$99. Yang menarik adalah alasan dibalik promo-promo ini. Berdasarkan rumor, Apple akan meluncurkan iPhone generasi ketiga dengan firmware 3.0 tengah tahun ini. Apple berusaha menghabiskan semua sisa stok iPhone 3G yang ada.

iPhone adalah suatu produk kelas atas, sesuai jika dilihat dari harga dan kualitasmya. Mampukah ia bersaing dengan BlackBerry yang sejak akhir tahun lalu hingga Maret 2009 peningkatan penjualannya mencapai 528 persen?

(Adaptasi dari MI.com)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: