Bukan History

05/06/2009

Hacker … oh.. Hacker !!

Filed under: Serba Serbi — jack @ 20:51
Tags: ,

Berita yang hampir luput dari kacamata publik adalah ulah hacker dalam gebyar pileg yang lalu. Padahal dalam pemilu 2004, komunitas yang satu itu amat disorot dan diwaspadai oleh semua pihak, baik itu kepolisian, KPU, pengamat, praktisi media termasuk juga para kuli tinta. Namun anehnya, hingar bingar pesta demokrasi yang telah lalu berjalan aman, seperti sesuatu yang mulus dan tidak diminati oleh para hacker.

Apakah KPU sudah demikian hebatnya sehingga tidak bisa disusupi? Atau kepolisian sudah tanggap sehingga tidak ada hacker yang berani bermain-main?

Jangan dikira semua berjalan mulus. Ini ada satu berita nyeleneh, yang saya copas dari kompasiana.com…..

Penjagaan ketat polisi di gedung Mahkamah Konstitusi dengan memberi pagar kawat berduri serta puluhan anggota brimob, panser untuk berjaga-jaga di sela-sela jalannya Persidangan Perselisihan Hasil Pemilu Umum (PHPU) 2009, tidak mengurangi orang-orang jahil untuk menganggunya.

Buktinya, Kamis (28/05) malam jam 21:00 WIB, situs MK (Mahkamah Konstitusi) di hacker oleh tangan-tangan jahil, tampilan situs acak-acakan, jadwal sidang berubah-ubah. Tanggal sidang 28-05-2009 hari kamis menjadi hari senin, tanggal 29-05-2009 hari jumat menjadi hari selasa, tanggal 30-05-2009 hari sabtu menjadi rabu, tanggal 01-06-2009 hari senin menjadi hari jumat , tanggal 02-05-2009 hari selasa menjadi hari sabtu, begitu pula jadwal sidang sebelumnya berubah harinya.

Saat itu jumlah pengunjung situs MK tercatat sebesar 8888 orang, pengunjung hari itu (kamis, 28-05-2009) sebesar 1230 orang. Para pengunjung sidang yang mencoba melihat jadwal sidang MK di Monitor yang tersedia di lobby lantai satu di buat bertanya-tanya, ada apa ini, begitu pula beberapa orang polisi yang berjaga di lantai satu terheran-heran, mereka cuman bisa bengong saja. Kenapa mas? Itu di hacker orang, oh… begitu, kata polisi itu.

(Adaptasi dari “Situs Mahkamah Konstitusi di Hacker” Oleh RACHMAD YULIADI NASIR, Kompasiana.com)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: