Bukan History

05/06/2009

Udara Kota Mengandung Heroin ??

Filed under: Hidup Sehat Era Millenium,Tekno — jack @ 15:41
Tags: , , ,

Judul asli : Udara Kota Madrid dan Barcelona Mengandung Heroin

MUNGKIN tidak pernah terbayangkan sebelumnya jika udara di perkotaan mengandung kokain. Dengan menggunakan teknik baru untuk pertama kalinya, sekelompok peneliti dari Institut CSIS Spanyol menemukan udara di kota Madrid dan Barcelona positif mengandung kokain, yang merupakan salah satu dari narkotika yang dilarang beredar di negara tersebut.
Awalnya para penelti bermaksud melihat kandungan beberapa narkotika terlarang di udara kota-kota di Spanyol. Beberapa dari target penelitian mereka adalah kokain, heroin, amphetamine, opiates, cannabinoids, dan lysergic acid.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kokain adalah salah satu kandungan yang dominan terdapat di udara di dua kota tersebut. Kokain yang ditemukan tersebut terukur sejumlah 29 hingga 850 picogrammes (satu per sejuta gram) per meter kubik udara.

“Selain kokain, para peneliti juga menemukan kandungan heroin di udara kota Madrid, namun tidak ditemukan di kota Barcelona,” ujar salah seorang peneliti CSIS tersebut seperti dikutip AFP, Kamis (14/5).
Hal tersebut mengindikasikan bahwa terdapat konsentrasi yang lebih tinggi terhadap penggunaan narkotika tersebut di akhir pekan.

Hasil penelitian tersebut juga merupakan salah satu fakta bahwa Madrid dan Barcelona merupakan sebuah daerah yang dipilih para pengedar narkotika untuk menjajakan dagangannya.

CSIS tak lupa menyatakan bahwa hingga kini tidak ada yang perlu dikhawatirkan oleh publik mengenai kandungan narkotika di udara tersebut. “Walaupun kita hidup 1.000 tahun dengan udara seperti itu, tidak akan sama jumlahnya bila kita mengkonsumsinya secara langsung,” tambah salah seorang peneliti dari CSIS tersebut.

Penelitian tersebut merupakan hasil dari penggunaan pertama kalinya sebuah metode untuk mendeteksi kandungan narkotika di udara, dan di masa mendatang diyakini akan mulai sering digunakan oleh banyak peneliti. (*/OL-02)

(adaptasi dari artikel Mario Aristo) (MI)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: