Bukan History

09/06/2009

Review : Teknologi Internet

Filed under: Teknologi — jack @ 15:34
Tags: , , , ,

Perkembangan Teknologi Internet

Berdasarkan hasil survey yang dipublikasikan di awal tahun ini, jumlah pemakai internet di seluruh dunia telah menembus angka 1 milliar pemakai. Suatu hal yang sangat mudah dimengerti, seiring dengan derasnya modernisasi dan teknologi di negara berkembang.

Menurut survey yang dilakukan oleh lembaga riset digital comScore, China merupakan negara dengan populasi penjelajah internet terbanyak, nyaris 180 juta orang beraktivitas secara online pada bulan Desember 2008. Di urutan kedua adalah Amerika Serikat dengan 163 juta orang, diikuti Jepang dengan 60 juta surfer.

Berdasarkan wilayah :

Asia Pasifik,  jumlah pengguna 41 persen, Eropa (28 persen), Amerika Utara (18 persen), Amerika Latin (7 persen), dan Timur Tengah/Afrika (5 persen).

Seperti dikatakan oleh Magid Abraham (Chief Executive comScore) bahwa angka yang sudah melampaui 1 miliar pengguna global adalah tonggak penting dalam sejarah internet. Dua miliar akan online sebelum kita menyadarinya, dan tiga miliar akan datang lebih cepat lagi.

Selain fakta tersebut di atas, tidak lama lagi seluruh Jaringan Telekomunikasi di Indonesia akan segera terhubung.  Integrasi jaringan infokom yang diistilahkan next generation networking (NGN) ini akan betul-betul diwujudkan paling lambat 2015. Berbagai perangkat TIK (infokom) ke depan bakal makin praktis, plug and play (pasang dan langsung difungsikan).

Fenomena lain, yaitu makin berkembangnya pola jejaring sosial melalui situs pertemanan macam Facebook di internet. Ke depan, melalui NGN ini, akses komunikasi, telepon, internet, radio, hingga televisi dapat tersaji di dalam satu piranti saja. Integrasi infokom ini semakin nyata seiring segera beroperasinya teknologi komunikasi nirkabel berpita lebar (broadband wireless acces) Wimax di 2009 ini.

WiMAX bisa dikatakan pengembangan dari Wi-Fi, dengan kecepatan koneksi dan coverage yang lebih luas. Teknologi ini diklaim mampu memberikan koneksi data hingga 70 Mbps dalam radius 50 km.

Masa Depan Internet

Penelitian saat ini mengenai perkembangan tekbologi internet di masa depan cukup mencengangkan karena diprediksi bahwa kelak internet akan memiliki kecepatan ribuan kali dari sekarang. Professor Ben Eggleton dari Fakultas Fisika, Universitas Sydney, Australia telah mengungkapkan bahwa lembaga yang dipimpinnya, CUDOS (Centre for Ultra-high bandwith Devices for Optical System) berhasil mengembangkan sebuah sirkuit Photonic Integrated yang membuat akses internet kelak 100 kali lebih cepat. Sirkuit itu dijamin bersifat spontan, bebas error, memberi akses tak terbatas ke koneksi internet manapun. Pada demo yang dilakukannya, sirkuit PI bisa meningkatkan kecepatan jaringan internet Australia 60 X.

CERN, lembaga penelitian penemu WWW yang berpusat di Swiss, sedang membangun sistem komputasi yang disebut Grid. Sistem ini diharapkan mampu meningkatkan kecepatan internet meningkat 10.000 kali kecepatan broadband yang sekarang. Jangan heran, jika di masa depan, ribuan maniak game akan bermain secara bersamaan memainkan sebuah game online.

(Diolah dari berbagai sumber)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: