Bukan History

13/06/2009

AHMADINEJAD MENANG PILPRES SATU PUTARAN

PILPRES SATU PUTARAN

Seperti yang telah diprediksi para pengamat lokal, dengan hasil sementara yang meyakinkan, 62.6 %, bisa dipastikan bahwa Mr. Mahmoud Ahmadinejad menjadi calon Presiden Iran terpilih untuk 4 tahun ke depan.

Dalam pemilu kali ini yang diikuti oleh sekitar 46 juta warga Iran yang mempunyai hak pilih, dukungan terbanyak kepada Ahmadinejad berasal dari kaum urban dan daerah pinggiran. Sementara itu, rival terberatnya dari kubu reformis, Mir Hossein Mousavi banyak didukung dari kaum terdidik dan masyarakat menengah perkotaan yang jumlahnya tidak terlalu banyak.

Hasil Pemilu Iran dari perhitungan 85% suara masuk :

  • Mahmoud Ahmadinejad : 62,6 %
  • Mir Hossein Mousavi : 33.8 %
  • Mohzen Rezai : 1.7 %
  • Mehdi Karoubi : 0.9 %

Hasil pemili kali ini menuai banyak penyesalan. Banyak pihak yang menuding adanya aroma kecurangan dan manipulasi. Tetapi pihak-pihak yang terkait masih tetap menunggu keputusan Pemimpin Tertinggi, yang biasanya menunggu hingga sepuluh hari setelah pemilu untuk penghitungan ulang dan verifikasi hasil di setiap distrik.

Para pengamat Barat tentu saja kecewa dengan hasil yang tidak diharapkan ini. Dengan hasil ini, pemimpin kelompok modernis Iran, Mousai harus mengerem ambisinya melakukan perubahan. Mousavi adalah pesaing kuat prsiden incumbent, para pendukungna sering disebut golongan hijau.

Pemilu di Republik Islam Iran memang agak berbeda dengan demokrasi ala Barat. Penguasa Tertinggi di Iran dipegang oleh Mullah, yang sejak Khomeini meninggal dijabat oleh Ayatollah Ali Khamenei, jabatan yang tidak dipilih oleh masyarakat tetapi oleh sebuah Dewan Ulama yang hanya beranggotakan 12 orang.

Dalam hal pencalonan Presiden, rakyat dan penajabat manapun boleh mendaftarkan diri. Pemilu 2009 kali ini menerima pendaftaran 475 kontestan, 42 diantaranya wanita. Namun setelah diseleksi oleh Dewan hanya 4 orang yang disetujui untuk bertarung.

(diolah dari BBC News)

1 Comment »

  1. semoga membawa iran ke arah yang makin baik

    Comment by sbjp — 13/06/2009 @ 21:52 | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: