Bukan History

20/07/2009

Kontroversi Seputar Cawapres Iran

Filed under: NEWS — jack @ 21:40
Tags: , , , , , ,

BESAN AHMADINEJAD JADI WAPRES

TEHERAN – Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad belum berhenti memantik kontroversi. Pascakemelut pemilihan presiden (pilpres) yang akhirnya menetapkan dia sebagai orang nomor satu untuk kali kedua, pemimpin 52 tahun itu disorot karena pilihan wakilnya. Kemarin (19/7) sebagian besar tokoh garis keras di negeri tetangga Iraq tersebut menolak kandidat yang ditunjuk mantan wali kota Teheran itu.

Cawapres Iran

Cawapres Iran

Jumat lalu (17/7), Ahmadinejad mengumumkan Esfandiar Rahim Mashaie sebagai wakil presiden pertama (first vice president). Dia didaulat menggantikan Parviz Davoudi yang selama empat tahun terakhir menduduki jabatan tersebut. Saat ini, Mashaie yang notabene adalah besan sang presiden menjabat sebagai wakil presiden Iran urusan kepariwisataan dan warisan budaya.

Selain hubungan kekerabatan itu, tokoh-tokoh garis keras menentang pilihan Ahmadinejad karena Mashaie bukanlah sosok yang disegani. Bahkan, dia cenderung dibenci. “Membatalkan penunjukan Mashaie sebagai Wapres pertama adalah keharusan. Semua ini demi menghormati harapan mayoritas rakyat Iran,” tegas Hossein Shariatmadari, redaktur pelaksana koran garis keras Kayhan, pada editorial kemarin.

Menurut Shariatmadari, pilihan Ahmadinejad itu telah melukai hati rakyat. “Saat masyarakat luas mengetahui penunjukan itu, mereka tidak hanya tak setuju, tapi cenderung menganggapnya sebagai bentuk ketidakacuhan (Ahmadinejad) terhadap mereka,” lanjut redaktur pelaksana yang menduduki jabatannya berkat penunjukkan langsung oleh pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei tersebut, seperti dilansir Agence France-Presse.

Dalam tulisannya, Shariatmadari mendesak agar Ahmadinejad mempertimbangkan kembali keputusan yang sudah dia ambil. Dia menegaskan, suara rakyat jauh lebih penting untuk didengarkan. Dengan demikian, setelah kerusuhan pasca pilpres yang merenggut sejumlah nyawa bulan lalu, presiden yang menjadi target pembunuhan Israel selama pilpres lalu itu kembali mendapatkan dukungan penuh.

Reuters melaporkan, di mata tokoh garis keras dan mayoritas warga Iran, Mashaie adalah sosok kontroversial yang pro-Barat. Itu terkait dengan pernyataannya tahun lalu bahwa “Iran sebagai teman seluruh negara, termasuk Israel.” Padahal, Teheran bersumpah tidak akan pernah mengakui eksistensi negeri Yahudi tersebut. Ahmadinejad pun menuai kecaman keras Barat karena menyerukan penghapusan Israel dari peta dunia.

Bukan itu saja. Pada 2007, Mashaie juga dikritik keras parlemen karena menyaksikan tarian kabaret dalam Kongres Pariwisata di Turki. “Penunjukan ini merupakan bentuk ketidakpatuhan terhadap Dewan Ahli Iran. Mengingat, posisi Wapres pertama sangat sensitif bagi negara,” kata Ahmad Khatami, ulama radikal Iran yang paling disegani, seperti dikutip harian Jam-e Jam.

Di Iran, presiden memiliki lebih dari satu wakil yang masing-masing mengurusi bagian berbeda. Jumlahnya bisa jadi berbeda, bergantung kebutuhan presiden yang sedang menjabat. Di bawah masa kepemimpinan Ahmadinejad, dia memiliki sepuluh Wapres. Tapi, Wapres pertamalah yang menjadi tangan kanannya. Sembilan Wapres yang lain mengurusi beberapa bidang berbeda. Di antaranya, kepariwisataan dan warisan budaya.

(Sumber : Jawa Pos, 20 Juli 2009)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: