Bukan History

26/07/2009

26 Agustus 2009 : Say Goodbye To Blackberry (?)

Filed under: Lifestyle,Serba Serbi — jack @ 20:15
Tags: ,

BLACKBERRY AKAN TINGGAL KENANGAN

Direktur Pengawasan Barang dan Jasa Departemen Perdagangan RI, Inayat Iman, kepada sejumlah wartawan, Jum’at 24/7/09 di Manado mengatakan bahwa ponsel BlackBerry akan menjadi kenangan mulai Agustus mendatang jika produsen tidak segera membuka layanan purnajual di berbagai daerah.

Iman menegaskan, sampai saat ini ia masih mempertanyakan mengenai pembangunan pusat layanan Blackberry serta buku manual, garansi dan petunjuk dalam bahasa Indonesia. Hal-hal yang disebutnya itu wajib dimiliki semua produsen, sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Kalau sampai pada waktu yang ditentukan syarat-syarat tersebut tidak dipenuhi, terpaksa kami akan mengambil tindakan, dan itu berlaku untuk semua jenis handphone, bukan cuma BlackBerry saja,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Janny Rembet mengatakan pihaknya rutin melakukan pengawasan di lapangan.

“Kami akan melakukan pengawasan terhadap barang elektronik termasuk HP BlackBerry,” jelasnya.

Sementara itu di Surabaya – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mohammad Nuh menyatakan toleransi pada Research In Motion sebagai pabrikan Blackberry untuk mengupayakan layanan purna jual hanya hingga 26 Agustus.

“Kalau lewat batas waktu itu, ya stop. Kami beri toleransi, karena membuat service center memang membutuhkan waktu,” katanya setelah berbicara pada pengajian ibu-ibu majelis taklim se-Surabaya untuk menyongsong Ramadhan 1430 H di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS), Sabtu (25/7).

Menurut mantan rektor ITS Surabaya itu, Permen Kominfo 29/2008 sudah mengatur bahwa setiap produk telematika harus mendapatkan sertifikasi.

Ia menyatakan bahwa syarat sertifikasi adalah jaminan untuk membuka layanan purna jual. Sehingga tidak perlu service ke luar negeri. Penerpan UU ini untuk melindungi konsumen Indonesia sendiri.

Blacberry Tour 9630

Blacberry Tour 9630

Sebelumnya, RIM hanya diberi tenggat waktu hingga 16 Juli 2009. Namun RIM akhirnya ditolerir hingga 26 Agustus, bahkan RIM masih diizinkan mendatangkan tipe-tipe BlackBerry yang sudah ada di Indonesia atau yang existing.

Hal itu merujuk surat pemberitahuan dari RIM kepada Depkominfo yang menyatakan perusahaan yang berbasis di Kanada itu akan membuka layanan purna jual di Indonesia pada 26 Agustus 2009.

RIM menyatakan akan membuka service center pada 26 Agustus 2009, karena perlu persiapan lebih lanjut, termasuk melakukan training tenaga kerja dan persiapan lain.

(diolah dari INILAH.com)

***

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: