Bukan History

10/08/2009

Software Animasi Buatan Anak Negeri, Mc Gegas

Filed under: Komputer,Serba Serbi,Teknologi — jack @ 12:12
Tags: , , , ,

ITS CIPTAKAN  Mc GEGAS

Setelah beberapa hari lalu Infinite Frameworks meluncurkan Meraih Mimpi sebagai film animasi Indonesia pertama, saat ini, Institut Teknologi Sepuluh November kembangkan software Motion Capture Pertama Indonesia bernama McGegas.

“Kami ciptakan McGegas Motion Capture Render Farm untuk mempercepat proses pembuatan animasi di Indonesia,” jelas Head of Multimedia and Telematics Lab ITS, Mochamad Hariadi, dalam acara Ritech 2009 yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/8).

Dijelaskan oleh Mochamada Hariadi, motion capture software McGegas bisa mempercepat pengerjaan animasi beserta renderingnya hingga 5-10 kali lebih cepat. Selain itu McGegas juga diciptakan tidak hanya untuk menganimasi gerakan saja, tetapi juga menganimasi ekspresi dan mimik wajah.

“Untuk menganimasikan wajah tidak jauh berbeda dengan menganimasikan gerakan tubuh. Cukup tempelkan beberapa bola lampu indikator ke bagian-bagian wajah,” jelas Mochamad Hariadi mengenai proses penganimasian ekspresi dan mimik wajah.

Saat ini McGegas baru digunakan oleh satu studio animasi saja yaitu Cams Solution yang dipakai untuk menciptakan animasi anak perempuan yang tengah menari. Sebenarnya sudah ada beberapa Studio yang tertarik terhadap software yang dikembangkan selama dua tahun ini, tetapi belum bisa disebutkan siapa saja.Untuk semua itu McGegas menghabiskan biaya 500 juta untuk proses pengembangannya selama ini.

Adaptasi dari sumber Kompas – Sabtu, 8 Agustus 2009

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: