Bukan History

10/08/2009

STOP GLOBAL WARMING, 3 Pulau Di Indonesia Sudah Hilang

Filed under: Fakta,Opini — jack @ 07:30
Tags: , , , ,

PEMANASAN GLOBAL BENAR-BENAR ADA

Beberapa waktu lalu aku membaca sebuah berita kecil yang cukup membuatku merinding. Betapa tidak, ternyata pemanasan global benar-benar ada dan buktinya sudah terpampang di depan mata.

Sejauh ini kupikir pemanasan global hanya retorika masyarakat Uni Eropa dan Amerika saja untuk menekan geliat industri di negara berkembang … pandangan sumir ya… Tetapi ternyata pikiranku tidak benar salah sama-sekali. Masyarakat Indonesia yang hidup di sekitar katulistiwa justru yang akan pertama merasakan dampak akibat pemanasan global.

Ingin tahu selengkapnya? Ikuti berita kecil ini…

Tiga pulau di wilayah Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Nanggroe Aceh Darussalam dinyatakan hilang. Ini merupakan dampak meningkatnya ketinggian air laut akibat pemanasan global.

Ketiga pulau itu adalah Pulau Malelo, Pulau Jejawi, dan Pulau Gosong Sianje. Pulau-pulau yang merupakan gugusan Kepulauan Banyak ini baru diketahui hilang setelah Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Singkil melakukan survey-survey di sekitar pulau-pulau tersebut.

“Ketiga pulau ini hanya ditumbuhi pepohonan. Tidak dihuni manusia,” kata Camat Pulau Banyak Safnil di Aceh Singkil.

Hingga saat ini hanya tersisa 66 pulau di wilayah itu. Ke 66 pulau ini juga berpotensi hilang karena ketinggian air laut masih terus meningkat.

Selain itu, perusakan trumbu karang oleh orang-orang tak bertanggung jawab juga berpotensi menyebabkan pengikisan tanah penyangga pulau. (Adaptasi dari artikel Hadi.suprapto@vivanews.com berdasarkan laporan Muhamad Roni l Naggroe Aceh)

Aneh sekali ya beritanya. Padahal itu baru diketahui dari sumber Aceh. Bagaimana di wilayah lain Indonesia yang memiliki ribuan pulau.  Karena itu aku setuju dengan para aktivis lingkungan yang dengan kesadaran penuh memberi penyadaran kepada masyarakat agar mengurangi efek pemanasan global.

STOP GLOBAL WARMING !!!

***!!***

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: