Bukan History

15/08/2009

Google Caffein

Filed under: Serba Serbi — jack @ 10:10
Tags: , , , , ,

MOUNTAIN VIEW, CALIFORNIA–Google tengah menguji revisi terbaru pada pencarian di internet. Demi upaya tersebut, mereka bahkan menggunakan Kafein.

Tapi itu bukan kafein biasa, melainkan julukan yang diberikan pada teknologi untuk mendongkrak kinerja mesin pencari raksasa mereka. Kini perusahaan menunggu umpan balik bagaimana hasil bila dibandingkan sebelumnya.

Google menyebut perubahan sebagai revolusi pada proses yang terjadi di balik kotak pencarian. Namun perusahaan sekaligus mengatakan bahkan pengguna paling melek teknologi pun sepertinya tidak terlalu mengenali perbedaan besar dalam hasil pencarian saat ini.

“Selama beberapa bulan terakhir, sebuah tim besar di Google telah mengerjakan proyek rahasia: arsitektur generasi baru untuk pencarian web milik Google. Itu adalah langkah pertama di dalam proses yang memungkinkan kita melebarkan ukuran pencarian, pengindeksan, kecepatan, akurasi, kekomprehensifan dan kemampuan lain,” demikian tulis Manajer Produk Grup Google, Rajat Mukherjee dalam blog resmi pusat master web Google, Senin (11/8) pukul 11 siang waktu setempat.

Bingung? Dalam Bahasa Indonesia sederhana artinya jaringan Google, yang melacak dan menampilkan web dalam bentuk tautan untuk memetakan isi pencarian, akan lebih cepat dan cerdas.

Bisa jadi Google telah mengonfigurasi ulang fungsi backend, bagian yang menyimpan indeks tentang web dalam ribuan hardrive di ribuan komputer yang terkoneksi bersama untuk menciptakan sistem file tunggal. Sistem itu digunakan untuk memutuskan, halaman web mana yang paling relevan tampil di layar komputer anda sesuai pencarian.

Pengujian cepat menunjukkan jika kinerja mesin baru lebih yahud ketimbang terdahulu, sekitar 20 persen lebih cepat pada pengukuran rata-rata dan malah, hingga 75 persen lebih ngebut. Pada waktu bersamaan, pengindeksan baru terlihat mengikutsertakan jumlah halaman situs jauh lebih banyak.

Contoh, sebuah pencarian dalam sistem lawas untuk “horse” (kuda) menampilkan 187 juta halaman. Sementara dalam sistem baru, mesin berhasil memindai 208 juta halaman web, hanya dalam waktu sekitar 45 dan 37 detik. Tapi, fitur pencarian gambar kurang begitu terlihat dalam versi terbaru.

Beri tahu kami dalam komentar bila anda menemukan perbedaan. Jika anda ingin melaporkan hasil mengecewakan kepada Google, lakukan pencarian dalam sandbox dan klik pada “Dissatisfied?. Cukup ketikkan kata “caffeine” untuk memberi umpan balik ke raksasa mesin pencari itu atas versi terbaru yang anda rasakan.

Bagi anda yang memiliki waktu luang, atau suasana hati “geek” cukup tinggi, anda dapat mencoba Search3 yang akan menampilkan pencarian dari Google, Bing dan Twittter, semua dalam satu halaman. Atau anda dapat pula melakukan tes ala pencarian buta Bing/Yahoo/Google/ untuk melihat mana yang anda sukai, hasil alami Bing, Yahoo atau Google. itz

(Sumber : Republika online 12 Agustus 2009)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: