Bukan History

15/08/2009

Mengenal Diabetes Type 3

Filed under: Hidup Sehat Era Millenium,Keluarga — jack @ 06:23

DIABETES TYPE 1 + 2 = DIABETES TYPE 3

Hampir semua orang pernah mendengar mengenai diabetes tipe 1 dan 2. Namun kini dokter tengah mengamati sebuah kondisi diabetes terbaru yang disebut dengan diabetes tipe 3. Secara sederhana, arti dari diabetes tipe 3 adalah gabungan dari diabetes tipe 1 dan 2 oleh seseorang.

Apakah mungkin seseorang bisa mengalami kondisi tersebut? Sangat mungkin. Orang yang mengidap diabetes tipe 1 secara perlahan bisa terkena diabetes tipe 2 dan berlaku sebaliknya.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika pankreas tidak dapat memperoduksi insulin dalam jumlah cukup untuk mengontrol kadar gula dalam darah. dengan kata lain, Anda mengalami kekurangan insulin.

Dilain pihak, diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak lagi merespon insulin dalam tubuh, sehingga sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin.

Dari kedua tipe insulin tersebut, maka penderita bisa mengalami kelebihan gula dalam aliran darahnya sehingga berisiko menyebabkan penyakit jantung, kebutaan, amputasi bahkan kematian.

Skenario pertama, jika Anda pengidap diabetes tipe 2 dan dokter telah menyuruh untuk mengonsumi obat diabetes. Maka obat terseut akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak insulin karena sel tubuh tidak merespon insulin yang dihasilkan tubuh.

Pada kondisi itu, pankreas akan bekerja lebih berat secara berkelanjutan untuk memproduksi insulin yang dapat diterima sel tubuh. Hingga akhirnya pankreas dapat rusak karena memproduksi lebih banyak insulin untuk asupan karbohidrat dan gula yang dikonsumsii.

Jika pada akhirnya, pankreas berhenti bekerja karena beban terlalu berat maka akhirnya pengidap diabetes tipe 2 juga dapat terkena diabetes tipe 1. Kondisi itulah yang kemudian disebut dengan diabetes tipe 3.

Sebaliknya, bagaimana pengidap diabetes tipe 1 bisa mengalami diabetes tipe 2? Jika Anda pengidap diabetes tipe 1, biasanya Anda akan mengonsumi suplemen insulin yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jika konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi terus dilakukan, maka pengidap diabetes tipe 1 akan membutuhkan lebih banyak insulin setiap harinya. Pasalnya, tubuh tidak merespon terhadap jumlah insulin yang dimasukkan ke dalam tubuh sebagaimana jumlah awal konsumsi.

Pada jangka panjang, maka sel tubuh akan menjadi resisten terhadap insulin yang otomatis membuat pengidap diabetes tipe 1 sekaligus diabetes tipe 2, yang artinya sama dengan diabetes tipe 3 sebagaimana kondisi pada skenario pertama.

Sebenarnya Anda hanya perlu menerapkan tiga hal dalam mencegah diabetes atau perkembangan diabetes yang sudah Anda derita menjadi diabetes tipe 3 yaitu makan dengan konsumsi gizi seimbang atau coba pola makan raw food diet yaitu konsumsi makanan berasal dari tanaman yang tidak diproses atau dimasak.

Kemudian, konsumsi makanan dengan kadar gula rendah. Berpikiran untuk terus memakan pasta, roti, nasi atau makanan penutup yang tinggi gula karena Anda memiliki obat, sangat tidak benar.

Yang terakhir, lakukan aktivitas fisik sebanyak-banyaknya. Pilih tangga dibandingkan lift atau tangga berjalan. Hirup udara segar di pagi hari dengan berjalan santai di hari libur atau bersepeda bersama keluarga di sekitar lingkungan rumah.

(Diolah dari sumber Republika online 13 Agustus 2009)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: