Bukan History

16/08/2009

Makanan Sehat Saat Diet

DIET BUKAN BERARTI BERHENTI MAKAN MAKANAN SEHAT

Sejumlah makanan dengan kandungan gizi tertentu bisa dikonsumsi sebanyak apapun saat Anda sedang menjalani program diet. Karena, makanan tersebut bisa membantu membakar kalori tubuh. Dengan memperhatikan sejumlah makanan yang berguna dalam program diet ini, diharapkan Anda dapat menjalani hidup sehat. Makanan apa sajakah itu?

1. Makanan kaya serat. Daun seledri dan kol, sejak lama dikenal sebagai makanan pembakar kalori. Pasalnya, energi untuk mencerna makanan tersebut lebih besar daripada energi atau kalori yang dihasilkan dari makanan tersebut. Keuntungan lainnya adalah, daun seledri dan kol mengandung banyak serat dan mengenyangkan, sehingga dengan mengkonsumsinya kita membutuhkan asupan kalori lebih sedikit dibanding makanan lain, sementara Anda tetap merasa kenyang. Namun perlu diingat, jaga asupan kalori agar tidak terlalu rendah agar metabolisme tubuh tidak terganggu. Saat metabolisme terganggu, tubuh justru menahan kalori di dalam tubuh karena tubuh mengira Anda sedang mengalami malnutrisi. Makanan kaya serat adalah salah satu solusi hidup sehat.

2. Vitamin C, diyakini sebagai pembakar kalori yang bisa menurunkan berat badan dan membuat kualitas hidup Anda lebih sehat. Makanan yang kaya Vitamin C dan juga kaya serat serta rendah kalori antara lain berbagai jenis jeruk, mulai dari jeruk limau, lemon, tangerine, atau grapefruit.

3. Produk susu rendah lemak. Studi menunjukkan, para pelaku diet yang mengonsumsi sedikitnya dua hingga tiga kali produk susu rendah lemak per hari seperti keju tertentu dan yogurt, akan lebih cepat menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak di daerah perut.

4. Makanan tambahan untuk menu makan siang. Tambahkan sepotong kecil keju rendah lemak atau susu kotak (susu kotak bukan hanya untuk anak-anak) dalam menu makan siang Anda. Jadikan sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda.

5. Makanan kaya vitamin B12. Telur, susu, keju rendah lemak, sereal yang telah diperkaya dengan vitamin merupakan sumber-sumber baik vitamin B12. Beberapa sumber menyebutkan, B12 meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar kalori. Setiap 1 gram lemak setara dengan 9 kalori, jadi bila Anda membakar lemak, sama saja Anda membakar kalori. Vitamin B12 juga dikenal bisa mengatasi kelelahan dan mempercepat metabolisme. Metabolisme cepat, merupakan kunci keberhasilan dalam usaha menurunkan berat badan. Hasil akhirnya seperti yang diharapkan, hidup lebih sehat.

(Adaptasi dari tulisan Irina Damayanti, Harriska Farida Adiati – VIVAnews)

***

1 Comment »

  1. Asswrwb,
    Diet sehat salah satunya dengan mengkonsumsi Minyak Bunga Matahari yang kaya akan Omega 6 dan Asam Oleat, Mengenai Minyak Bunga Matahari ini kami mempunyai Produk Olahannya untuk Kesehatan, selengkapnya ada di http://sunflowerproduct.wordpress.com

    Salam Kenal dari Kami
    Griya Utama
    Pusat Pemasaran Produk Bunga Matahari
    di Jakarta utk Seluruh Indonesia
    021-84994277

    Comment by griyautama — 16/05/2010 @ 22:14 | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: