Bukan History

03/09/2009

Gempa Dahsyat Yang Mengguncang Jawa

Filed under: NEWS — jack @ 10:00
Tags: , , , , , , ,

Gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter telah terjadi kemarin, Rabu 2 September 2009 pukul 14.55 WIB. Efek guncangan gempa dahsyat tersebut amat sangat terasa di wilayah Jawa Barat khususnya di seputar Tasikmalaya, Bandung, Garut, Cirebon, Banjar, Ciamis, Sukabumi dan kota-kota lainnya di bagian selatan propinsi ini.

Gempa bumi tektonik ini berpusat pada kedalaman 30 km dari permukaan dasar laut Samudra Hindia. Titik pusat gempa berada pada jarak 142 km di sebelah barat daya Tasikmalaya.

Pihak BMG sempat menyiarkan kemungkinan adanya tsunami, tetapi kemudian dicabut setelah tidak terjadi peningkatan gelombang. Namun demikian pada saat gempa terjadi, permukaan laut naik sekitar 20 cm membentuk gelombang panjang yang tidak menimbulkan kerusakan di darat.

Meski pusat gempa berada jauh di dasar Samudra Hindia, kedahsyatannya terasa di lebih dari 10 kota kabupaten di Jawa Barat. Bahkan di Jakarta sendiri sempat terjadi kepanikan. Sidang Menkeu dan Deputi Gubernur Senior BI yang dihadiri sekawanan nyamuk pers terpaksa bubar. Beberapa komplek perkantoran yang memiliki sistem tanggap darurat berhenti operasional. Mall dan pusat perbelanjaan di kota-kota besar menjadi pusat kepanikan saat guncangan terjadi.

Menurut catatan BMG, gempa terjadi dua kali, yakni :

1. Gempa Pertama, terjadi pukul 14.55, kekuatan 7,3 SR.

2. Gempa Susulan, terjadi pukul 15.15, kekuatan 5,1 SR.

Di Ibukota Jakarta, kerusakan yang terparah adalah pecahnya pipa saluran air milik Perusahaan Daerah Air Minum DKI. Keruskan terjadi pada sambungan air baku Cawang – Pejompongan di sekitar Sungai Ciliwung – Jatinegara.

Akibat kerusakan pipa PDAM DKI tersebut, pasokan air 6.000 liter/detik terganggu. Jika kerusakan ini tidak segera ditangani, Istana Merdeka dan wilayah elit Menteng terancam kesulitan air bersih.

Sementara itu kerugian yang timbul di beberapa kota besar di Jawa Barat cukup banyak tercatat. Lebih dari 400 korban luka-luka, 35 korban jiwa dan ribuan rumah mengalami kerusakan.

Pemerintah sendiri melalui institusi terkait telah menginstruksikan agar waspada dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk menangani korban gempa.

***

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: