Bukan History

Ingin Hidup Lebih Sehat ? Konsumsi Daun Kemangi

Manfaat Daun Kemangi

Kemangi, daun beraroma khas yang biasa kita temui di meja makan ini konon pernah memenuhi kebun dan taman kerajaan Prancis dan Italia. Bunga kemangi juga dipilih sebagai tanda cinta.

Di kota-kota besar kemangi banyak dikonsumsi orang, dan lebih mudah dijumpai di warung-warung tenda sebagai lalapan pelengkap. Apapun makanan yang anda pesan (lele goreng, ayam/bebek goreng, atau aneka seafood), biasanya dalam menu sambal+ lalapannya akan disertakan sejumput kemangi.

Di beberapa wilayah pesisir utara Jawa Tengah/Jawa Timur, sudah sejak lama daun ini ditambahkan untuk penambah aroma masakan, dan dipercaya berkhasiat mengurangi bau badan.

Kemangi kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Jadilah kemangi sebagai bagian dari obat obatan herbal. Tidak hanya menyembuhkan penyakit, tetapi juga membuat badan yang mengkonsumsinya menjadi sehat dan lebih tahan penyakit.

Selain melezatkan hidangan, berikut manfaat daun kemangi lainnya:

1. Daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma dan mencegah kemandulan.

2. Daun kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang baca selengkapnya di siniterbentuknya hormon androgen dan estrogen.

3. Zat flavonoid seperti orientin dan vicenin di dalam kemangi mampu melindungi struktur sel tubuh. Sedangkan flavonoid seperti cineole, myrcene dan eugenol mempunyai manfaat sebagai antibiotik alami dan anti peradangan.

4. Getah kemangi dapat digunakan sebagai obat sariawan dan sakit telinga.

5. Daun kemangi dapat dikonsumsi untuk memperbanyak ASI, bermanfaat seperti penenang, mengurangi nyeri encok dan membantu menurunkan panas.

6. Daun kemangi juga dapat meningkatkan jumlah air seni, menghilangkan masuk angin dan peluruh dahak.

7. Konsumsi daun tanaman ini juga dapat mengatasi masalah bau mulut dan bau badan.

8. Asam aspartat, apigenin, arginin dan boron dalam tanaman ini juga sudah diketahui khasiatnya. Senyawa sineol berkhasiat sebagai penenang, membantu mengatasi ejakulasi dini, merangsang aktivitas saraf pusat dan melebarkan pembuluh darah kapiler.

Obat Alami,  Teh Daun Kemangi

Kemangi, selain sebagai bumbu dapur dan pelengkap sambal, juga bermanfaat sebagai obat alami. Berikut ini beberapa resep daun kemangi untuk obat alami yang bisa Anda coba:

1. Teh yang dibuat dari daun kemangi dapat digunakan untuk mengatasi mual, disentri, atau menurunkan panas (sebagai antipiretik). Caranya, satu sendok makan daun kemangi kering diseduh dengan setengah cangkir air, lalu diminum. Bila perlu tambahkan madu sebagai pemanis.

2. Untuk mengobati panu, ambil segenggam daun kemangi, cuci, tumbuk halus, beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Lakukan 2 kali sehari.

3. Untuk sariawan, ambil 50 helai daun kemangi, cuci bersih, kunyah sampai halus selama 2-3 menit, telan. Minum air hangat. Lakukan 3 kali sehari.

4. Untuk mengurangi bau nafas tak sedap, sering-seringlah makan lalapan daun kemangi, daun kunir dan beluntas.

5. Mengatasi bau keringat, biasakan mengkonsumsi kemangi sebagai lalapan. Sebagai permulaan, lakukan setiap hari selama 1 minggu.

6. Mengobati kutil, cuci bersih daun kemangi, gosokkan pada kutil secara teratur.

(Adaptasi dari tulisan sdr. LB/mazfiar di Harian Suara Merdeka)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: