Bukan History

Tips Sejenak SEHAT

SEHAT SELALU

Dalam perkara sehat, manusia pasti antusias. Karena tidak seorangpun ingin sakit. Berikut ini adalah beberapa tips ringan supaya hidup lebih sehat.

TEH HIJAU

Teh hijau menurut beberapa penelitian mengandung zat yang disebutEpigallocatchin gallate (EGCG) yang berkhasiat mencegah pengeroposan tulang (artritis). David Buttle dari Universitas Sheffield telah menelitinya. Ia menyuntikan cairan EGCG ke dalam tulang rawan di persendian yang bengkak (biasanya inilah awal gejala artritis). Hasilnya tak lama kemudian tulang rawan yang bengkak kembali mengempis.

Kesimpulannya, saran Buttle adalah meminum segelas teh hijau sehari agar bebas artritis.

VITAMIN A

Bagi para perokok berat, banyak-banyaklah mengkonsumsi vitamin A agar terhindar dari resiko kanker paru-paru. Hal ini telah diteliti Waun Ki Hong, Kepala Divisi Pengobatan Kanker, Texas Univerity. Ia telah meneliti 177 pasien sebelum membuat kesimpulan yang kontroversial tersebut.

IKAN

Para peneleiti dari Wales University telah meneliti kandungan minyak ikan dan menyebutkan bahwa minyak hati ikan bisa mengatasi penyakit persendian, seperti rematik dan keropos tulang, termasuk peradangan sendi. Hasil uji coba terhadap 150 orang penderita keropos tulang menunjukkan hasil positif.

Sementara itu, mengkonsumsi ikan bisa mencegah pikun, dalam istilah medisnya demensia. Pembuktiannya telah dilakukan oleh para peneliti Pascale Barberger-Gateu. Mereka mengatakan bahwa resiko pikun bisa dicegah dengan konsumsi makanan laut (seafood) minimal sekali dalam sepekan. Jurnal Kesehatan Inggris yang memuat hasil penelitian itu mencantumkan, Gateu telah meneliti 1.678 orang berusia di atas 68 tahun. Faktor kuncinya adalah kandungan omega-3 dalam ikan yang juga berfungsi untuk diet jantung.

MINUM KOPI

Minum kopi tidak selalu jelek. Bahkan hasil riset dari Universitas Vrije, Amsterdam yang dimotori Rob van Dam, menunjukkan sebaliknya. Setelah meneliti 17.000 orang pria dan wanita berusia 30-60 tahun, van Dam menyimpulkan bahwa kopi bisa mencegah resiko terkena diabetes. Kopi mengandung senyawa magnesium, potassium, dan lain-lain yang berguna bagi tubuh dan membantu dalam metabolisme glukosa.

(diadaptasi dari berbagai sumber)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: